Foto: static.republika.co.id
MENINGKATKAN
MINAT BACA DI KALANGAN PELAJAR
SMA NEGERI 1
MINAS
KARYA ILMIAH
OLEH:
KHALIDAH M.
NOER
KELAS XI IPA 1
SMAN 1 MINAS
TAHUN PELAJARAN
2013-2014
KATA PENGANTAR
Bismillahirohmanirrahim
Dengan
memanjatkan puji syukur alhamdulillah kehadirat Allah SWT yang telah memberi
petunjuk dan rahmat-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan karya tulis yang
berjudul “Meningkatkan Minat Baca di Lingkungan SMA 1 Minas”, dapat terselesaikan pada tahun 2011 dengan baik.
Sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca dengan sebaik-baiknya.
Tidak lupa kami
ucapkan terima kasih kepada ibu guru yang telah memberikan arahan demi
terselesaikan karya tulis ini, kepada orang tua yang telah memberi semangat dan
membantu dalam pendanaan, serta kawan-kawan kami dan seluruh pihak yang ikut
memberikan dorongan dan semangat demi terselesainya karya tulis ini.
Harapan saya,
semoga karya tulis ini bisa bermanfaat bagi pembaca sebagai pedoman bagi
pelajar yang gemar membaca.
Minas,06
Desember 2013
Khalidah M. Noer Harahap
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR......................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN ................................................................................ 1
1.1 Latar
Belakang Masalah....................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................................. 1
1.3 Tujuan
Penelitian.................................................................................. 2
1.4 Hipotesis Masalah................................................................................. 2
BAB II KAJIAN PUSTAKA ...........................................................................
2.1 Pengertian
Membaca............................................................................. 3
2.2 Cara Membaca Dengan
Baik................................................................ 3
2.3 Guna
Perpustakaan............................................................................... 4
2.4 Tujuan Membaca................................................................................... 4
2.5 Menambah
Pengetahuan....................................................................... 5
2.6 Menenangkan
Diri................................................................................ 5
2.7 Menyediakan
Perpustakaan.................................................................. 6
2.8 Menyediakan
Buku-Buku yang Bermanfaat........................................ 6
BAB III METODE PENELITIAN.....................................................................
3.1 Metode Penelitian.............................................................................. 7
3.2 Instrumen Penelitian........................................................................... 7
3.3 Analisis Pembahasan.......................................................................... 9
3.4 Tabel Analisis Data............................................................................ 11
3.5 Deskripsi Tabel................................................................................... 11
BAB IV PENUTUP ...........................................................................................
4.1 Kesimpulan..................................................................................................... 13
4.2 Saran............................................................................................................... 13
Daftar Pustaka ..................................................................................................... 14
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Dalam penulisan
karya tulis ini, penulis memberi judul “Meningkatkan Minat Baca di Lingkungan
SMA 1 Minas”. Karena penulis ingin menumbuhkan sifat gemar membaca di
lingkungan SMA 1 Minas.
Membiasakan
gemar membaca terutama dikalangan siswa-siswi SMA 1 Minas yang masih rendah,
bukanlah pekerjaan yang mudah. Tetapi, penulis ingin memberi dorongan kepada
siswa-siswi akan pentingnya membaca.
Masih banyak
siswa-siswi yang lebih senang mengisi waktu luangnya dengan bergurau dan
bermain-main yang tidak ada gunanya sama sekali. Ini membuktikan betapa
pentingnya membaca. Sedangkan budaya lisan lebih erat melekat dengan
siswa-siswi SMA 1 Minas daripada budaya tulisan.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Apakah membaca dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa ?
2.
Apakah adanya perpustakaan dapat menumbuhkan minat membaca para siswa ?
3. Manakah yang
lebih banyak bermanfaat bagi siswa-siswi, membaca buku pengetahuan atau buku
hiburan (novel, komik, majalah, dll) ?
1.3 Tujuan Penelitian
Dalam tujuan
penelitian ini, penulis ingin mengetahui seberapa besar minat membaca
siswa-siswi di lingkungan SMA 1 Minas. Apakah dengan adanya perpustakaan
di SMA 1 Minas, minat membaca siswa-siswi
menjadi lebih tinggi.
1.4
Hipotesis Masalah
Menurut kami
membaca sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa-siswi, karena
dapat menambah wawasan mereka. Dengan
membaca mereka dapat memecahkan persoalan yang menurutnya sulit.
Menurut
pemikiran kami, adanya perpustakaan dapat menumbuhkan minat membaca
siswa-siswi. Apabila koleksi buku-buku di perpustakaan sangat beragam dan tidak
merusak moral siswa-siswi.
Menurut kami,
yang banyak manfaatnya adalah buku pengetahuan karena dalam buku tersebut
pembahasannya lebih terperinci. Sedangkan dalam buku hiburan hanya sebagai
media hiburan bagi pembaca.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Membaca
Membaca adalah berusaha
berlatih untuk mendapatkan pengetahuan.[1]
Di zaman sekarang ini, tampaknya sebagian besar pelajar kurang memiliki minat
membaca, terutama membaca buku pelajaran. Ini diakibatkan oleh karena sebagian
pelajar tidak memiliki metode dalam membaca, sehingga pada saat membaca timbul
rasa malas, bosan, dan mengantuk.
1.2 Cara Membaca dengan Baik
1.
Pilihlah waktu yang menurut kita
sesuai untuk membaca.
Waktu yang sesuai di sini adalah waktu dimana tidak
terdapat gangguan, baik dari luar maupun dari dalam diri kita. Waktu yang
sesuai disini hanya kita sendiri yang tahu kapan. Namun, sebagain besar orang
percaya bahwa waktu yang baik untuk membaca, khususnya buku pelajaran, adalah
di pagi hari.
2.
Pilihlah tempat dan suasana yang
sesuai untuk membaca,
yaitu tempat yang terang, sejuk, bersih, nyaman,
tenang dan rapih menurut kita sendiri.
3.
Pastikan posisi membaca kita
adalah posisi yang benar.
Posisi yang benar pada waktu membaca adalah duduk
dengan posisi badan tegak, tidak bungkuk, dan pastikan jarak antara buku dengan
mata kita kurang lebih 30cm.
4.
Siapkan juga hal-hal yang
biasanya membantu kita dalam membaca,
seperti pensil atau spidol.
5.
Ada baiknya sebelum belajar kita
berdoa terlebih dahulu
sesuai dengan kepercayaan
masing-masing supaya ilmu yang kita dapat bermanfaat.
2.3 Guna Perpustakaan
Perpustakaan adalah
tempat menyimpan buku-buku kesusastraan dan tempat membaca, meminjam buku.[2]
Guna perpustakaan adalah sebagai berikut :
a. Untuk meminjam
buku
Di
perpusatakaan terdapat berbagai macam buku misalnya saja buku ilmu pengetahuan.
Buku-buku seperti itu banyak diperlukan oleh seorang pelajar. Dari situlah
perpustakaan dijadikan tempat meminjam buku.
b. Untuk tempat
membaca
Selain tempat
meminjam buku, perpustakaan juga dapat digunakan sebagai tempat membaca dan
sarana komunikasi lewat tulisan. Misalnya, seorang siswa ingin mengetahui
tentang sejarah berdirinya Islam di dunia. Dengan membaca ia dapat mengetahui
asal kejadian sejarah Islam secara terperinci. Dan buku tersebut juga sebagai
alat komunikasi yang berbentuk tulisan.
2.4 Tujuan Membaca
Terdapat 3 cara umum membaca di
dalam kehidupan sehari-hari dilihat dari apa tujuan proses membaca tersebut.
1.
Membaca sebagai hiburan tanpa perlu memeras otak terlalu keras. Bacaan yang mengandung unsur
hiburan disini contohnya novel, cerpen, komik, majalah ringan dll.
2.
Membaca untuk memperoleh ilmu
pengetahuan yang tujuannya adalah mencari dan
memahami ilmu yang terkandung dalam bacaan tersebut.
3.
Membaca kritis. Membaca disini sama dengan membaca untuk mencari ilmu. Namun membaca
disini diikuti oleh proses menelaah isi bacaan tersebut, misalnya dengan
pertanyaan-pertanyaan apa itu?, mengapa bisa terjadi?, oleh siapa?, kapan?,
dimana? dan bagaimana itu bisa terjadi?. Dalam membaca kritis, kita membuat
bacaan sebagai lawan yang harus dikalahkan dengan cara mengetahui dan memahami
seluruh isinya.
2.5 Menambah Pengetahuan
Pada dasarnya
salah satu keuntungan membaca adalah menambah ilmu pengetahuan. Kita adalah
seorang pelajar yang berkewajiban untuk memiliki pendidikan. Jadi kita harus
selalu menambah semangat pada diri kita sendiri maupun pada orang lain agar
kita mempunyai minat untuk membaca.
2.6 Menenangkan Diri
Pada saat
membaca kita juga menenangkan diri atau refreshing. Mungkin kita ada
yang gemar membaca dan ada juga yang yang tidak gemar membaca. Khusus untuk
yang gemar membaca, kalian pasti pernah merasakan hati yang tenang dan rasanya
kita berada di cerita itu. Dan untuk kalian yang tidak gemar membaca, cobalah
membacanya sedikit demi sedikit cerita itu. Pasti kalian akan ketagihan untuk
membacanya.
2.7 Menyediakan Perpustakaan
Perpustakaan
sangat penting bagi kita karena di tempat itulah kita bisa membaca buku dengan
tenang. Di perpustakaan ini juga kita bisa meminjam buku yang beranekaragam.
Kita juga bisa belajar kelompok disana, tanpa membeli buku kita bisa menambah
ilmu pengetahuan.
2.8 Menyediakan Buku-buku yang
Bermanfaat
Kita tidak
membutuhkan buku pelajaran saja tetapi, kita juga membutuhkan buku cerita. Jika
kita berada di perpustakaan banyak bermacam-macam buku yang kita jumpai disana.
Kita bisa memilih buku dengan leluasa. Bukan hanya perpustakaan saja, toko buku
juga menjadi tempat kedua untuk menambah pengetahuan. Disana kita boleh
membuka-buka dan membaca buku. Jika kita ingin membeli buku, kita harus memilih
buku yang dianggap kita dapat memperoleh banyak pengetahuan dari buku tersebut.
BAB III
METODE
PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
Metode yang
kami gunakan dengan cara menyebarkan angket ke setiap kelas. Kelas yang kami
beri angket sejumlah 15 kelas. Kami menyebarkan angket sebanyak 70 angket.
Kembali 65 angket, dan tidak kembali sejumlah 5 angket. Kami menyebarkan angket
pada hari Jum’at tanggal 18 februari 2011. Dan kembali pada hari Jum’at tanggal
02 Desember 2013 pada pukul 12.45 WIB.
3.2 Instrumen Penelitian
1.
Apakah kamu suka membaca ?
a.
Suka, alasan . . . .
b. Tidak suka, alasan . . . .
2.
Buku apa yang sering kamu baca ?
a. Pengetahuan
b. Novel
c. Majalah
d. Pelajaran
3.
Berapa kali dalam seminggu kamu membaca ?
a. Tidak pernah
b. < 5 kali
c. > 5 kali
4.
Berapa jam/hari kamu bisa menghabiskan 1 buku ?
a.
< 1 jam
b. > 1 jam
5.
Jika kamu tidak suka membaca, apa tempat favoritmu ?
a.
Warnet ( Warung Internet )
b. Warkop (Warung Kopi )
c.
Kumpul dengan teman-teman
d. Menonton TV
6.
Jika kamu tidak suka membaca, apakah hobimu yang lain ?
a. Nongkrong di
warung kopi
b. Internet-an
c. Dengarkan musik
d. Menonton TV
7.
Apa yang kamu peroleh dari membaca ?
a. Wawasan
bertambah luas
b. Tidak dapat apa-apa
8.
Apa faktor yang menyebabkan kamu ingin membaca ?
a. Dengan terpaksa
b. Dorongan orang
lain
c. Kemauan sendiri
d. Diperlukan jika
butuh
9.
Di waktu apa sajakah kamu membaca buku ?
a.
Waktu luang
b. Sambil
dengarkan musik
c.
Sambil tidur-tiduran
10. Setujukah kamu jika di sekolah kita diadakan “Pekan Membaca” ?
a.
Setuju, karena dengan acara itu semakin menambah wawasan kita
b. Tidak setuju, untuk apa acara itu diadakan, habis-habiskan waktu saja
3.3
Analisis Pembahasan
Di lingkungan SMA
1 Minas, sebagian besar siswanya lebih suka membaca. Alasan mereka pun beragam,
seperti ; untuk menambah wawasan, sebagai hobi dan sebagai pengisi waktu luang.
Sedangkan adapun yang tidak suka membaca. Mereka berpendapat karena menurutnya
membaca adalah hal yang membosankan.
Buku-buku yang
mereka baca pun bermacam-macam.Dari buku pengetahuan sampai novel,buku yang
banyak diminati untuk di baca adalah buku pengetahuan,namun masih ada juga yang
lebih meminati buku novel ataupun majalah untuk mengisi waktu luangnya maupun
menjadi hobi keseharian mereka.
Para siswa SMA
1 Minas banyak yang menghabiskan waktunya untuk membaca .Dari angket yang kami sebar
lebih banyak yang membaca kurang dari 5 kali.Bahkan ada pula yang tidak pernah
membaca sama sekali dalam seminggu.
Untuk
menghabiskan 1 buku mereka membutuhkan 1 jam lebih perhari.Tetapi ada juga yang
kurang dari 1 jam perhari.
Warung internet (warnet) adalah
sasaran utama siswa-siswi SMA 1 Minas sebagai pengisi waktu luang,favorit
mereka adalah kumpul dengan teman2.Menonton TV juga kegiatan favorit para
siswa-siswi SMA 1 Minas.Sedangkan tempat favorit mereka adalah warung kopi
(warkop).
Hobi-hobi siswa-siswi
SMA 1 Minas cukup banyak jika mereka tidak suka membaca ,diantaranya mereka lebih suka untuk internetan,ataupun
mendengarkan musik tetapi ada juga yang menonton TV maupun nongkrong di warkop.
Siswa-siswi SMA
1 Minas banyak yang berpendapat bahwa dengan membaca mereka
memperoleh banyak wawasan. Tapi ada pula
yang tidak mendapat apa-apa sesudah membaca.
Banyak faktor
yang menyebabkan para siswa-siswi
ingin membaca. Faktor pertama adanya dorongan dari orang tua. Faktor yang ke dua karena kemauan sendiri.
Faktor yang ke tiga di perlukan jika
butuh. Faktor yang ke empat dengan terpaksa.
Waktu-waktu
yang sering digunakan para siswa-siswi SMA 1 Minas untuk membaca buku adalah
sambil mendengarkan musik. Selain itu, sambil tidur-tiduran pun mereka dapat
membaca buku. Waktu luang juga digunakan mereka untuk membaca buku.
Banyak dari
siswa-siswi SMA 1 Minas yang berpendapat bahwa mereka setuju jika diadakan
pekan membaca di sekolah. Tetapi, ada pula yang tidak setuju karena menurut
mereka acara seperti itu hanya menghabis-habiskan waktu saja.
3.4
Tabel Analisis Data
NO.
|
PILIHAN JAWABAN
|
|||
A
|
B
|
C
|
D
|
|
1
|
43
|
19
|
-
|
-
|
2
|
34
|
10
|
3
|
23
|
3
|
8
|
39
|
13
|
0
|
4
|
22
|
44
|
-
|
-
|
5
|
29
|
3
|
25
|
13
|
6
|
3
|
8
|
15
|
14
|
7
|
27
|
24
|
-
|
-
|
8
|
3
|
33
|
24
|
10
|
9
|
28
|
35
|
7
|
-
|
10
|
54
|
16
|
-
|
-
|
3.5
Deskripsi Tabel
43 siswa-siswi SMA 1 Minas suka membaca karena dengan membaca wawasan mereka bertambah
luas, selain itu 19 anak tidak suka membaca karena menurut mereka membaca itu membosankan. 34 siswa-siswi SMA 1 Minas suka membaca buku pengetahuan, 23 anak suka membaca
buku pelajaran, 10 anak suka membaca novel, 3 anak suka membaca majalah. 8 siswa-siswi
SMA 1 Minas sama sekali tidak pernah membaca, 39 anak membaca
buku dalam seminggu selama kurang dari 5 kali, 13 anak membaca buku dalam
seminggu selama lebih dari 5 kali. Untuk membaca buku 22 siswa-siswi SMA 1 Minas menghabiskan waktu selama kurang
dari 1 jam. 44 anak menghabiskan waktu selama lebih dari 1 jam untuk membaca
buku. 29 siswa-siswi SMA 1 Minas memilih warung internet (warnet) sebagai tempat
favorit selain membaca, 3 anak suka pergi ke warung kopi (warkop), 25 anak
lebih suka berkumpul dengan teman-temannya, 13 anak lebih suka menonton TV
daripada membaca buku. 3 siswa-siswi SMA 1 Minas memiliki
hobby yang lain dari membaca yakni, nongkrong di warung kopi, 8 anak memilih
pergi untuk internet-an, 15 anak suka mendengarkan musik, 14 anak suka menonton
TV. Dari membaca 27 anak memperoleh wawasan yang luas, 24 anak tidak mendapat
apa-apa dari membaca. Faktor yang menyebabkan siswa-siswi SMA 1 Minas ingin membaca yaitu, 3 anak di sebabkan karena
terpaksa, 33 anak karena dorongan orang lain, 24 anak karena kemauan sendiri,
10 anak karena diperlukan jika butuh. Waktu-waktu yang digunakan siswa-siswi SMA 1 Minas untuk membaca buku adalah, 28 anak membaca pada waktu
luang, 35 anak sambil mendengarkan musik, 7 anak sambil tidur-tiduran. 54 anak setuju
jika SMA 1 Minas diadakan Pekan Membaca karena menurut mereka acara
itu semakin menambah wawasan, 16 anak tidak setuju jika di SMA 1 Minas diadakan Pekan Membaca karena menurut mereka jika
acara itu diadakan hanya menghabis-habiskan waktu saja.
BAB IV
PENUTUP
4.1
Kesimpulan
Di SMA 1 Minas
siswa-siswinya banyak yang suka membaca. Buku yang sering mereka baca adalah
buku pengetahuan. Dalam seminggu mereka membaca kurang dari 5 kali. Untuk
menghabiskan satu buku mereka membutuhkan waktu lebih dari 1 jam. Tempat
favorit mereka selain membaca adalah warung internet (warnet). Hobby mereka
selain membaca adalah mendengarkan musik. Dari membaca mereka memperoleh
wawasan yang luas. Faktor yang menyebabkan mereka ingin membaca adalah dorongan
dari orang lain. Waktu yang sering mereka gunakan untuk membaca buku adalah
sambil memdengarkan musik. Jika di SMA 1 Minas diadakan
Pekan Membaca mereka setuju, karena dengan adanya acara itu wawasan mereka
semakin bertambah luas.
4.2
Saran
Saran penulis adalah rajin-rajinlah membaca buku-buku ilmu agama dan ilmu umum. Karena dengan
belajar kita bisa meraih kunci keberhasilan.
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, Dessy. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya:
Amelia.
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Membaca
itu Menyenangkan. Surabaya.
Syukri, Afdal. 2008. Tips
Membaca yang Baik. Malang: Tiga Serangkai
Debrina, Mirda Yustisia. 2011. //http.//www.google.co.id(membaca
kritis). Malang.
Yuspita, Cahya Marwani dkk. 2011. Angket Meningkatkan Minat Baca. Malang.
Muliawaty, Sylva Safira. 2011. //http.//blogspot.com/ufhaLuvLy.
Keta, Retry Cavistin.
2011. Buku Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah. Malang.
0 Komentar untuk "KARYA ILMIAH MENINGKATKAN MINAT BACA DI KALANGAN PELAJAR"